Toolbar Pencarian

Kamis, 18 Oktober 2018

Pentingnya Sistem Literasi

Apa sih sebenarnya 'literasi' itu ? Mungkin pertanyaan itu kadang kerap muncul di Pikiran kamu kan ?   Sekarang ini, kita sedang berada di zaman Globalisasi, yaitu ketika Teknologi dan Pendidikan sedang berkembang pesat.  Oleh karena itu, kemajuan suatu Negara sering ditinjau kemajuan dari segi melek huruf atau segi pendidikan yaitu Membaca dan Menulis.

         Literasi dapat juga di-definisikan sebagai kemampuan memahami serta mengolah sebuah Informasi melalui proses membaca ataupun menulis. Pemahaman seseorang tentang literasi dpat berbeda-beda, tergantung dari cara memahami serta mengolah Tata Bahasa dan berdasarkan pengalaman. Di sinilah "Saya" mengeluarkan Pendapat "Saya".

        Literasi bukan hanya Tentang membaca dan menulis saja. Akan tetapi, segala hal yang berkaitan dengan aspek Keterampilan hidup, yang tentu akan kita butuhkan di saat kita telah Dewasa kelak. Nah, Disinilah letak Peran penting literasi. 

        Bahkan, Mbah Wahab Hasbulloh adalah Bapak Literasi bagi kaum NU. Mengapa toh demikian ?  Karena Mbah Wahab lah yang pertama kali memprakasai adanya Tradisi Jurnalistik atau Membaca serta Menulis di kalangan NU dengan mendirikan majalah tengah bulanan yang berjudul Soeara Nahdlatoel Oelama'.

        Pembahasan tersebut mengarahkan, apa sih peran Literasi ???  Perang penting Literasi adalah merupakan pembekalan untuk kita sebagai Generasi penerus untuk Bekal masa depan yang 
di-ibaratkan seperti mengarungi Lautan hidup yang banyak Ombaknya. Untuk menahan hempasan Ombak yang kuat, maka diperlukan Pondasi kapal yang kuat pula. Melalui Literasi-lah kita dapat mencari atau menemukan keterampilan kita yang Positif untuk hidup kelak.

        Kembali kepada pembahasan bahwa sebuah Negara ditinjau kemajuannya dari segi Pendidikan.
Kita sebagai Generasi Penerus bangsa harus dapat mewujudkan harapan-harapan Mbah Wahab Hasbulloh serta Pahlawan lainnya untuk menjadikan Rakyat Indonesia maju serta berpendidikan. Melalui program Literasi-lah, usaha untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut akan tercapai. Semoga Kami sebagai Generasi Penerus dapat Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara, khususnya dalam bidang Pendidikan.  

Amiin.....

1 komentar:

  1. No deposit bonus casino - drmcd
    I've 논산 출장마사지 been playing poker 청주 출장안마 games for over 삼척 출장안마 10 years and have never played for real money. After all, I have a huge collection of 안양 출장마사지 free online poker 나주 출장샵

    BalasHapus

Komentarlah yang Bijak & Sopan Santun !