Toolbar Pencarian

Minggu, 10 Desember 2017

Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Dicuri

Karena sering digunakan untuk kerja, pasti di dalam laptop milikmu terdapat banyak dokumen penting. Belum lagi jika kamu adalah tipe pengguna yang sering melakukan pencadangan data dari smartphone ke laptop, makin banyak dokumen di laptopmu.

Mengingat pentingnya peran laptop milikmu, pasti nyesak banget kan kalo sampe dicuri? Biar gak bingung, Imam Muttakin punya 5 aplikasi keren yang bisa kamu gunakan untuk melacak laptop kamu yang dicuri.

5 Aplikasi Untuk Melacak Laptop yang Dicuri

Untuk melindungi serta memudahkan usaha kamu dalam merebut kembali data-data dan laptop kamu yang dicuri, coba kamu gunakan aplikasi-aplikasi pelacak laptop berikut:

1. Prey

Prey adalah aplikasi pelacak laptop yang tersedia untuk Windows, Mac OS, Linux dan beberapa sistem operasi komputer lainnya. Dengan menginstal Prey pada laptopmu, kamu bisa mengetahui letak laptop-mu jika dicuri dari website-nya.
aplikasi-pelacak-laptop (5)
Bukan hanya melacak lokasi, Prey juga memungkinkan kamu untuk menggunakan webcam laptop sebagai media untuk mengambil foto pelaku. Keren, kan? Sayangnya, versi gratis Prey hanya bisa digunakan untuk 3 perangkat saja.

2. Find My Mac

aplikasi-pelacak-laptop (1)
Khusus untuk pengguna MacBook, kamu bisa menggunakan fitur Find My Mac, jika sewaktu-waktu hilang atau dicuri. Dengan menggunakan iCloud, kamu bukan hanya bisa melacak MacBook milikmu yang dicuri, tapi juga menguncinya.

3. LockItTight

Sama dengan Prey, LockItTight berfungsi untuk melacak lokasi dan merekam aktivitas pencuri laptop menggunakan webcam. Bahkan kamu bisa mengambil screenshot tampilan laptop-mu yang dicuri loh!
aplikasi-pelacak-laptop (2)
Bedanya dengan Prey, versi gratis aplikasi pelacak laptop hilang ini, bisa digunakan pada 5 perangkat. Lumayan lebih banyak kan?

4. Undercover

Salah satu aplikasi pelacak laptop yang cukup populer bagi pengguna Mac adalah Undercover. Meski tidak gratis, tapi Undercover banyak digemari karena bukan hanya bisa melacak lokasi laptop, tapi juga merekam setiap aktivitas yang dilakukan oleh pencuri.
aplikasi-pelacak-laptop (4)
Mengingat fiturnya yang keren, kamu harus membayar layanan ini. Harganya dimulai dari Rp689.264,- untuk satu perangkat Mac.

5. LoJack for Laptop

Jika memang di laptop-mu banyak dokumen-dokumen penting, LoJack adalah layanan pelacak laptop yang bisa kamu pertimbangkan. Sistem LoJack akan terkunci di BIOS begitu terinstal. Sistemnya akan menjaga semua file dan dokumen penting di laptop-mu dengan aman, jika pencuri tersebut ingin menghapus semua datamu.
aplikasi-pelacak-laptop (3)
Bukan hanya menjaga data, layanan LoJack juga memiliki tim penyidik khusus untuk mengambil dan mengembalikan laptopmu yang dicuri. Jika laptopmu tidak kembali dalam waktu 60 hari sejak kejadian, maka pihaknya akan membayar ganti rugi sekitar Rp13 juta. Syaratnya, kamu harus membayar biaya langganan LoJack for Laptop sekitar Rp198ribu per bulan.
Nah, itu dia 5 aplikasi terbaik untuk melacak dan menjaga data di laptop yang dicuri. Untuk berjaga-jaga, instal salah satu aplikasi pelacak laptop terbaik di atas pada laptop kamu sekarang juga ya!
~

1 komentar:

Komentarlah yang Bijak & Sopan Santun !